Jumat, 29 Januari 2010

Waspadai Keringat Berlebih Pada Telapak Tangan

Telapak tangan yang berkeringat merupakan salah satu bentuk dari sensitivitas tubuh yang berlebihan. Daerah yang berkeringat ini dapat menjadi media tumbuh kuman maupun jamur, dan terkadang menimbulkan bau yang kurang enak, akhirnya rasa kurang percaya diri muncul terlebih ketika berjabat tangan. Tidak hanya sampai di situ, telapak tangan yang berkeringat juga sering menimbulkan kecemasan pada penderita.

Penderita mungkin akan mencemaskan kondisi kesehatannya, terutama juga karena banyaknya rumor bahwa telapak tangan yang sering berkeringat merupakan suatu tanda kelainan jantung.
Tangan yang sering berkeringat dalam bahasa kedokteran sering disebut sebagai Palmar hiperhidrosis. Palmar Hiperhidrosis ini merupakan salah satu jenis dari Fokal Hiperhidrosis (hiperhidrosis yang hanya berlokasi pada tempat tertentu).

Penyebabnya sampai saat ini memang belum diketahui secara pasti, namun secara garis besar palmar diperhidrosis ini dibagi menjadi 2 bagian. Hiperhidrosis primer terjadi karena faktor genetic yang kemungkinan diturunkan secara autosomal dominan. Hiperhidrosis primer ini biasanya dimulai sejak remaja, tidak ada yang perlu dicemaskan mengenai hiperhidrosis primer ini.

Penderita hiperhidrosis primer ini akan lebih mudah terangsang saraf simpatisnya, Sehingga penderita akan lebih mudah berkeringat ketika cemas, stress, takut, dan emosi (marah). Keringat pada penderita hiperhidrosis primer ini akan sangat jauh berkurang bila penderita dalam keadaan rileks maupun tidur. Zat-zat yang mengaktifkan saraf simpatis seperti kopi, the, coklat, rokok, cerutu dan minuman berenergi akan memacu keringat berlebihan pada penderita Hiperhidrosis primer.

Klasifikasi selanjutnya adalah hiperhidrosis sekunder. Hiperhidrosis sekunder adalah hiperaktivitas kelenjar keringat yang disebabkan oleh suatu kelainan yang mendasari. Beberapa hal yang dapat menyebabkan Hiperhidrosis sekunder ini misalnya saja kelainan kelenjar thyroid (hipertiroidism), kerusakan syaraf karena Diabetes Melitus, tumor Glomus, gangguan jantung atau lambung, kegemukan, trauma saraf tulang belakang, keracunan logam berat, TBC dan beberapa jenis obat tertentu. Jenis obat yang dapat menyebabkan hiperhidrosis dapat dilihat di http://www.sweathelp.org/pdf/Diaphoretic_Class.pdf


Sebenarnya untuk menghilangkan keringat ini, harus dihilangkan dahulu penyebabnya. Namun keringat ini dapat diminimalisir dengan cara mencuci tangan kemudian telapak tangan ditaburi dengan bedak bayi, kurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein (seperti teh kental, kopi) serta hindari rokok. Dan terakhir selalu percaya diri mengahadapi segala sesuatu. Jika beberapa cara di atas belum berhasil, periksakan ke dokter untuk memastikan penyebab gangguan yang dialami.

Semoga bermanfaat.


Sumber :
http://www.healthhype.com/causes-treatment-of-palmar-hyperhidrosis-sweaty-palmshands.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Hyperhidrosis
http://www.sweathelp.org/pdf/Diaphoretic_Class.pdf


Sumber :
http://www.medicalera.com/index.php?option=com_myblog&show=waspadai-keringat-berlebih-pada-telapak-tangan.html&Itemid=314
13 Januari 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar